Jumat, 26 November 2010

SEKILAS DIHARI LAHIR

Jum'at, 26 November 2010

Alhamdulllah....
Terima kasih Tuhan, atas kesempatan yang masih Kau berikan padaku sampai detik ini. Tidak terasa semakin tua umurku dan semakin berkurang waktuku di dunia ini. Semoga sisa waktu yang aku punya bisa aku manfaatkan sebaik-baiknya hanya di jalan-Mu. Amin 

Tak terasa kini umurku sudah berkepala dua (lebih). 26 November 1987 lalu, ibu bilang aku lahir saat malam jum'at jam dua belas malaman. Saat itu aku lahir prematur, masih tujuh bulan kandungan. Ketika lahirpun aku sangat kecil dan harus nginap di inkubator rumah sakit. Jika aku bertsilaturahmi dengan keluarga besarku saat ini, pasti mereka bilang 'ieu teh saha? neng nunun nu baheula leutik siga botol tea? aeh aeh naha geuning ayeuna mah ageung."

Ketika kumulai membuka mata dipagi hari ini sudah ada beberapa sms dari teman yang berisi ucpan selamat. Ada juga mc dari dua no yang tak aku kenal. Ketika kulihat waktu yang tertera di hape, menunjukkan bahwa dua no itu meneleponku di tengah malam. Mungkin sang pemilik nomor ingin memberikan ucpn pertama secara lisan padku. Tapi sayang, jangankan untuk mengangkat, mendengar bunyi nya saja tidak. Karena kemarin aku merasa lelah sekali. Sekujur badan terasa pegal. Apalagi aku baru berada di kostan jam setengah sepuluh malam. Alhasil tidurkupun terasa nyenyak sekali tanpa terdengar suara SMS atau telepon masuk.

Tahun ini aku melewati hari ulang tahun dengan status baru, "karyawan swasta". Tahun sebelumnya aku melewati hari ini dengan status "pengangguran" dan sebelumnya lagi masih berstatus "mahasiswa". Sebenarnya bukan hanya status itu yang aku harapkan ditahun ini. Tadinya aku berharap statusku di ulang tahun tahun 2010 akan aku lewati dengan status "menikah". Hahahahah....

Banyak sekali ucapan-ucapan yang masuk, baik lewat es-em-es maupun lewat ef-bi ku. Dari mulai orang-orang yang aku kenal secara langsung maupun hanya sekedar friends dalam status jejaring sosial itu. 

Selamat ulang tahun nunun...wish all u d best!
(biasanya orang ini bingung musti ngedoain apa, jadi cukup bilang wish all u d best!, ucapan yang sederhana dan mudah tapi memiliki arti yang cukup dalam. Kalo aku sedang 'mentok' biasanya aku juga mengucapkan kalimat itu pada orang yg sedang berulang tahun)

ada juga kalimat yang simple jika kamu benar-benar sedang mentok untuk memberi ucapan selamat, tau apa??? just say "HBD". hahahah...simple bukan??? buatku, amat sangat simple!.

Berbagai panggilan yang tertuju padaku muncul di sms atau wall fb saat ucapan datang.

Selamat ulang tahun neng...
Neng, biasanya panggilan itu dari teman kecil ku atau saudara.Tapi ada juga orang yang baru aku kenal memanggil itu sebagai tanda aku lebih muda darinya atau hanya sekedar panggilan pada wanita sunda.

Met ultah, teh nunun...
Teteh...itu panggilan keluarga atau tetangga atau mungkin ade kelasku saat menimba ilmu.


Sistaaaaaaaaah...happy b'day...
Sistah atau sister. Hanya teteh sepupuku tercinta yang memanggilku itu. Kami saling memanggil 'sistah'.


Met ulang tahun neZ..
Nez, itu panggilan pendek dari neza, K-Neeza. Yang aku tau hanya satu orang yang memanggilku dengan panggilan neza, ara chan (til) temanku saat SMA. Suaranya yang khas saat memanggilku dengan nama itu sangat aku hafal ditelinga. Sampai-sampai kalo dia memanggilku dengan nama asli, nunun, terdengar begitu asing olehku.

Nesha ku sayang, selamat ulang tahun..
Itu panggilan T'puZ alias teh Puspa untukku. Maksudnya adalah neza dari K-neeza tapi suaranya khas banget memanggilku nesha. T'puz adalah panggilanku pada teh Puspa. Teh puspa ini adalah teman ngekost bareng saat aku kelas satu SMA. Dia juga teman seangkatan abangku. Sudah seperti teteh kandung saja. Tapi sayang setelah aku masuk dunia kuliah, kami mulai kehilangan kontak. Untungnya sekarang ada fb yang bisa mempertemukan kami.

Happy b'day kulu...
Kulu atau kulunun. Jika ada yang memanggilku itu, pastinya dia teman kuliah. Dulu ada seorang teman yang nyeletuk bilang "kulunun! gimana yah kalo kamu dipanggil kulunun...kulu..kulu. hahahah" akhirnya teman-teman yang mendengar langsung say "kuluuuuuuuuuu".


Eh, c kaha ulang tahun, selamet yah..
Yang aku hafal ada satu teman yang khas banget memanggilku dengan panggilan 'kaha'. Dia adalah 'Per' panggilanku untuk seorang  kawan yang mempunyai nama belakang Pertiwi. Di buku atau barang-barang pribadiku, kalo tak aku kasih nama K-neeza, aku kasih inisial 'KH'. So, dia panggil kaha dan I call her just one word "per". Tapi ada juga teman lain yang ikut manggil KH.


Aslm...met milad nunce...
Awalnya hanya satu orang yang memanggilku nunce. Aku kasih dia nama 'aduwWunSuQut!. Selama 3 tahun kuliah, aku tak pernah mau bilang arti 'adwWunsuQut pd orang itu. Walaupun dia memaksa. Tapi ketika aku msh kerja di cirebon ada kata dr sms dia yang membuatku penasaran. Kata 'curcol'. Ketika ku tanya artinya, dia bilang 'itu bahasa cina'. Semakin penasaranlah aku. Tapi dia bilang 'kasih tau dulu artinya 'aduwWunsuQut apa nunce?'. Akhirnya ku beri tahu. Setelah itu, dia kasih tau arti 'curcol'. Dan rasanya aku benar2 menyesal sudah tertipu oleh kawanku yang jail dan nyebelin itu. Karena artinya benar2 gak penting. Pisan!. Dia bilang 'curcol bahasa cina yang artinya 'cur' curhat dan 'col' colongan, jd curcol itu curhat kecolongan,ahahahahahha'. GubRaakKkzZZZ!!!. aku langsung balas 'gak pentiiiiiiiiiiiiing!!!!'.
Kini bertambahlah satu orang yang memanggilku dengan sapaan 'nunce'. Bosku. Entah dari dulu atau memang baru aku sadar. Karena seingatku bos yang juga suami teman dan mantan dosen ketika kukuliah itu sangat jelas memanggilku nunce setelah bertemu dengan 'aduwWunsuQut. Suatu hari bos bilang, nunce = nunun centil. Hmm...bosku itu memang ada-ada saja. Senang sekali memberi julukan orang. Selain aku ada juga teman kerja yang beliau kasih julukan. Saya harap singkatan nuncenya bos itu tak sama dengan maksud 'aduwWunsuQut memanggilku demikian. Kalo ternyata sama, hmmm...lihat saja nanti kalo aku ketemu lagi dengan orangnya. Ckckckkckckc....

Selain panggilan itu, ada juga yang memanggilku 'karnun', 'nyunnyun','nunuy' etc. Entah dari mana kawan-kawanku itu punya inisiatif untuk menciptakan panggilan baru buatku. Yang jelas semua itu pasti hanyalah panggilan sayang. Karena setiap orang punya panggilan sayang masing. Seperti seorang kawan yang memanggilku dgn panggilan 'bit'. Dia bilang dari kata sobat. Berhubung perempuan jadi sobit dari pada diambil dari kata kawan. Hahahaha...ada-ada saja. Ada juga teman yg memanggilku "blem" saat aku kerja di cirebon. Katanya seh karena pipiku tembem. Iya gituh?? biasa ajah ah. Hehehe.

Untuk semua yang mengucapkan dan mendoakan ku ucapkan banyak amat terima kasih. Meskipun ada yang mengucapkan lebih awal. Dua hari lebih awal. Tanggal 24 November tiba2 ada sebuah sms masuk;
Kulu selamat ulang tahun yah, maaf telat baru ada pulsa.
Aku tersenyum dan balas ' Hahaha...gak telat kok bu, justru kecepetan..ulang tahun n2n kan 26 '
Hah...asa tanggal 23 da?? Baelah ayeuna we nya ngucapkeun na. Hahaha

26 kok. balasku singkat.

dan tadi malam, tanggal 26 malam dia kirim sms:
Ayeuna nya ultah teh?? selamat ulang tahun nya. Semoga....bla bla bla.
Hahahaha...ada ada saja kawanku yang satu itu. Selalu saja ada tingkahnya yang membuatku tertawa.



Selain dia ada juga yang mengucapkan lebih awal, tapi tak separah dia dua hari. Hanya beberapa jam sebelum memasuki tanggal 26. Sekitar jam sepuluh malam tgl 25, dia sms dan bilang 'met ultah yahc, ntar mlm jam 12 bisi ktdran maunya ngucapin lebih awal. met ultah.' Aku tersenyum :). Makasih buat hal itu. Tapi buatku tak penting ngucapin awal jam 12 teng atau tidak. Dengan kawan2 mengingatnya saja, aku sudah senang dan berterima kasih. Apalagi kalo disertai doa. Tau kenapa itu tak penting buatku? Karena dulu, saat ulang tahunku tahun 2008. Saat itu aku masih kuliah, sedang sibuk2nya praktek. Saat itu ada 2 orang yang mendekatiku. Sama2 lebih tua dariku dan menawarkan keseriusan. Saat aku berulang tahun, mereka berdua berlomba untuk menjadi orang pertama yang memberikan ucapan. Tapi ulang tahun selanjutnya, mereka tak ingat. Tak satu pun dari mereka memberikan ucapan. Apalagi berlomba untuk menjadi orang pertama lagi. Sangat lucu rasanya, memberikan ucapan pertama hanya karena mencari perhatian orang yg sedang kita dekati. Lebih baik kawan-kawan yang mengingatnya tiap tahun dan membrikan ucapan tanpa ada maksud terselubung didalamnya. Sekali lagi kuucapkan banyak terima kasih buat kalian semua ;).


Beberapa hal yang kuingat saat melewati ulang tahun ;
Entah berapa tahun umurku saat itu. Yang penting masih kecil. Kurasa masih SD. Aku sangat menyukai coklat warna putih. Dan saat itu aku memintanya pada bapak Ketika bapak pulang kerja langsung kusambut dengan bilang 'pak mana coklatnya?'. Bapak bilang 'coklat nu mana?'. Aku kecewa dan cemberut lalu bilang 'cokat putih nu nitip tea geuning. pan abi teh ulang tahun ayeuna'. Hahahaah lucu kalo diingat. Mengingatkan ulang tahun kita pada orang lain. Kalo sekarang udah gede gini, aku gak suka kalo orang lupa ulang tahun kita trus kita ingetin saat hari H nya. Sok penting banget yah. Hahahaha..... Lalu bapak tersenyum sambil mengeluarkan silverqueen putih dari jaketnya dan bilang 'selamat ulang tahun, sing pinter, soleh dsb'. Aku pun loncat kegirangan. Ah indah untuk dikenang. Thx dad, I love you very much.

Orang bilang, sweet seventeen sangatlah spesial. Buatku 'sweet' nya tidak manis. Karena saat itu tak satupun dari keluargaku yang ingat. Memang hari ulang tahun dilewati seperti biasa saja, tak ada pesta atau apa. Tapi biasanya orang tua, abang dan oDe sudah sms atau telepon. Tapi saat itu tidak. Mereka lupa. Saat aku mendapat hadiah dari oprator seluler khusus buat yang berulang tahun beberapa hari kemudian. Ibuku kaget dan baru sadar bahwa beliau sudah lupa memberikan ucapan sweet seventen pada putri satu-satunya ini.  Ingatan itupun akhirnya merembet pada bapak dan kedua saudaraku. Karena saat itu aku SMA di bandung dan ibuku di tasik, jadi weekend nya ibu langsung ke bandung. Ibu bilang 'ke bandung buat teteh karena ibu lupa kemaren teteh waktu 17 thn.'. Ah ibu...harusnya tak segitunya juga. Tapi seorang ibu memang selalu berbuat yang terbaik untuk anaknya. Thx a lot mom, I love you so much.


Saat itu aku masih kuliah. Kebetulan ulang tahunku bertepatan dgn bulan Ramadhan. Saat aku dibangunkan oleh teman asrama untuk saur. Aku ke kamar mandi untuk cuci muka sebelum akhirnya memulai saur. Ketika aku keluar dari kamar mandi dan masuk kamar, saat itu lampu kamar belum dinyalakan dan tiba2 teman2 sudah bersiap membawa kue dengan lilin dan say happy b'day. OMG...thx banget buat kejutannya. Jujur pertama kalinya aku diberikan kejutan seperti itu. Senaaang sekali rasanya. Dan saat aku buka lemari ternyata ada sebuah bungkus kado yang cukup besar. Ketika kubuka ternyata sebuah boneka dolphin berwarna pink. Aku langsung teriak kegirangan. Makasih teman-teman. Kalian memang tau kesukaanku, all about dolphin dan warna favoritku, pink. Lalu boneka itu pun menemaniku saat tidur.


Tahun kemarin abangku mulai bekerja disebuah yayasan. Saat gaji pertama, iseng aku sms, 'bang tos gajian? bagi-bagi atuh.heheheeh" saat itu aku hanya bercanda, aku tahu gaji di tempat kerjanya saat itu tidaklah seberapa. Untuk biaya sendiri aja masih kurang. Jadi aku mengerti ketika abang memblas dengan sopan  untuk sementara tidak bisa memberikan apa2 karena memang penghasilan belum cukup besar. Tahun kemarin aku masih pengangguran, lulus kuliah dan menunggu panggilan dari beberapa lamaran yang sudah aku kirimkan. Jadi aku hanya berada dirumah, tasik. Aku tahu abang akan pulang kerumah dari tempatnya bekerja di depok tepat tanggal 26 malam. Saat bapak menjemput diterminal, malam sudah larut sehingga aku tidak bisa menahan rasa kantuk dan tidur dikamar. Ketika abang datang, aku bisa mendengar suaranya walaupun mataku tertutup. Tiba-tiba aku mendengar suara pintu kamarku dibuka, kupaksakan mataku untuk terbuka dan melihat. Samar-samar aku melihat abangku tersenyum dan kembali menutup pintu. Akhirnya aku pun kembali tidur. Beberapa menit kemudian aku mendengar suara yang sama. Tapi kali ini mataku sudah tak kuat untuk kubuka. Kali ini selain pintu yang dibuka aku mendengar suara kaki yang melangkah mendekati. Setelah aku mendengar suara pintu yang ditutup kembali. Ku paksakan membuka mata dan melihat kesebelah kasur. Aku lihat sebuah kado, ternyata abang yang meletakkannya disana. Sengaja ingin memebrikan kado saat aku tidur. Besok paginya, kubuka kado itu dan kulihat bebrapa buku resep masakan. Ada resep masakan nasional dan ada juga beberapa masakan khusus diet penyakit. Abang tau kesukaanku memasak dan kuliahku tentang gizi yang pastinya berhubungan dengan maknaan diet penyakit. Jadi abang memberikanku kado buku-buku itu. Buku-buku yang sempat aku taksir ketika ku lihat di toko buku. Ketika ku bertemu abang aku bilang "Saurna teu gaduh artos, kok beli buku2 itu...kan mahal bang, byk deui'. Abang senyum dan bilang  "eh atuh....apanan kanggo nunun". Aku senang, dan sangat berterima kasih. Apalagi buku-buku itu sangat bermanfaat untuk pekerjaanku saat dicirebon dan saat ini. Makasih banyak abangku sayang, u're my best old brother.


Bismillah...
Semoga tahun ini dan tahun selanjutnya kujalani akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Amin.


2 komentar:

  1. hidup yang begitu sempurna.
    orang tua yang slalu perhatian..
    abang yg baik..
    ade yg lucu..
    temen2 yang baik..

    moga nunun slalu bersyukur dan tetap jadi nunun yg rendah hati n shaleha:)

    BalasHapus
  2. haaaaa..salah..salah..
    harusnya ara chan (tik) .
    aku khan ga centil. :DDDD

    BalasHapus